Jumat, 14 Agustus 2015

SEDEKAH KAMPUNG DENDANG ADAT BUDAYA BANGKA

Kepulauan Bangka Belitung merupakan mayoritas penduduknya melayu islam dimana setiap kabupaten yang ada dipropinsi kepulauan bangka belitung memiliki tradisi adat dan budaya namun biasanya acara pergelarannya hampir sama dengan kabupaten lainnya
Sedekah Kampung seperti halnya tradisi-tradisi lainnya merupakan bagian dari rumpun Pesta Adat yang banyak dikenal dan dilakukan di wilayah pedesaan. Dalam pelaksanaannya tidak terlepas dari unsur-unsur atau nilai keagamaan yang mendominasi dalam ritual pelaksanaan Sedekah Kampung. Perayaan Sedekah Kampung telah dilaksanakan secara turun temurun dan tidak diketahui asal usul serta awal mulai dilaksanakannya. Perayaan ini biasa dilaksanakan penduduk Desa Peradong setiap tahun bertepatan dengan bulan Maulud (Rabiul Awwal) dan acaranya berlangsung selama 2 hari yang biasanya pada hari Sabtu dan Minggu. Biasanya acara ini dilaksanakan antara tanggal 15 sampai 30 Rabiul Awwal. Sebelum pelaksanaan acara tersebut, jauh sebelumnya pada malam hari sang tetua adat (dukun) sekarang Kek Jemat mengadakan ceriak (beceriak/becerita–musyawarah) pemanggilan orang-orang kampung sebagai pemberitahuan akan dilaksankannya upacara adat dan menentukan tanggal yang cocok untuk pelaksanaan upacara tersebut. Pada tanggal yang telah ditetapkan tetua adat sebagai pawang desa dengan dibantu penduduk setempat memulai membuat batu persucian (taber) dengan menggunakan bahan-bahan tradisional serta dedaunan dan gaharu (dupa) dari kayu buluh (bambo). Menurut sang dukun dahulu kala penggunaan dupa ini adalah sebagai alat untuk menarik minat orang-orang cina yang berdiam didesa tersebut agar memeluk agama Islam.
Sedekah kampung dendang masih terjaga kelestariannya sehingga masyarakat desa dendang masih melestarikan marwah atau adat yang dibawa oleh para leluhur mereka dahulu, sedekah kampung dendang sudah ada sejak lama sedekah kampung merupakan suatu upacara syukuran akan keselamatan dan tolak bencana desa mereka desa kampung dendang, sedekah kampung dendang adat budaya tradisional bangka barat.
Acara adat sedekah kampung dendang merupakan suatu acara yang bernuansa Islam hataman Al-quran massal dilaksanakan pada seminggu sehabis hari raya aidul adha serta dilanjutkan Silaturahmi dari rumah kaum kerabat handai taulan, sedekah kampung dendang adat budaya tradisional bangka barat.
(Adat, Budaya, Ciri Khas, Tradisi, upacara adat, )


***)Berbagai Sumber

0 komentar:

Posting Komentar